HTML

HTML/JavaScript

Kamis, 17 Maret 2016

Sunah-Sunah Sholat

1. Tahmid dan Tasmik
    Semua imam mazhab sepakat bahwa ketika bangkit dari rukuk, disunahkan bertahmid mengucapkan 'Allahumma rabbanaa wa lakal hamd' (ya Allah, Tuhan kami, bagi Engkaulah segala puja dan puji). sebelum itu, hendaknya membaca 'sami'allah liman hamidah (Allah mendengar bagi setiap hamba yang memujinya).

2. Hukum Membaca Takbir dan Tasmik bagi imam
    Seorang imam disunahkan mengeraskan bacaan takbir, tasmik, dan salam agar didengar oleh semua makmumnya. ketika imam mazhab sepakat dengan hukum ini, kecuali Mazhab Malikiah yang menyatakannya mandub, bukan sunah.

3. Mubalig di Belakang Imam

    Mubalig adalah salah satu makmum yang bertugas menyambung suara imam dengan keras dengan tujuan supaya terdengar oleh makmum yang lain. semua imam mazhab sepakat bahwa hukumnya boleh. Dalam Takbiratul ihram, seorang mubalig harus berniat memasuki shalat dan jangan hanya berniat menyambng suara imam sebab jika ia hanya berniat menyambung suara imam, shalatnya tidak sah. Namun, dalam takbir-takbir yang lain, ia boleh meniatkan teriakannya hanya untuk menyambung suara imam, tetapi ia tidak mendapatkan pahala jika tidak disertai niat untuk pindah dari satu rukun shalat ke rukun yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar