HTML

HTML/JavaScript

Kamis, 17 Maret 2016

Manajemen Pendidikan

Pendidikan dari segi bahasa berasal dari kata dasar yaitu, 'didik', dan diberi awalan men- menjadi mendidik. yaitu kata kerja yang artinya memelihara dan memberi latihan (ajaran). pendidikan sebagai kata benda berarti proses perubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan.

Dalam bahasa Arab, istilah pendidikan disebut dengan kata al-tarbiyyah. dalam Al-Qur'an disebut kata ar-rabb, rabbayani, nurabbi, ribbiyyun, dan rabbani.
Apabila at-tarbiyah diidentikkan dengan kata ar-rabb yang merupakan fonem yang seakar dengan at-tarbiyah yang berarti at-tanmiyah, yaitu pertumbuhan dan peerkembangan.


Manajemen pendidikan adalah sebagai lembaga yang bergerak dalam prose pembinaan, proses tranformasi ilmu pengetahuan dari para pendidik kepada anak didik, atau disebut sebagai proses belajar mengajar.
Sebelum lebih jauh membahas manajemen pendidikan, terlebih dahulu perlu dinyatakan bahwa pendidikan yang dimaksud adalah lembaga atau organisasi yang bergerak dalam dunia pendidikan.
Organisasi adalah wadah yang di dalamnya terdapat semua unsur manajemen.
Dalam lembaga pendidikan, anggota administrasi adalah terdapat para pendidik dengan berbagai jabatan struktral dan fungsionalnya.
Setiap organisasi dengan seluruh personalia di dalamnya, mau tidak mau, selalu memiliki pemimpin, yang sering disebut dengan manajer, direktr, ketua, kepala, dan presiden. sebutan tersebut berlaku dan diterapkan sesuai dengan aturan main yang ada dalam organisasi masing-masing yang disebut dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) atau statuta lembaga pendidikan.


0 komentar:

Posting Komentar