HTML

HTML/JavaScript

Kamis, 17 Maret 2016

Manajemen Lingkungan

Manajemen lingkungan adalah: manajemen  yaang mengolola organisasi berdasarkan pada lingkungan-lingkungan berikut:

a. Lingkungan internal organisasi, meliputi pimpinan organisasi, alat-alat dan metode pengelolaan organisasi, strategi perencanaan, dan pelaksanaan kegiatan organisasi.

b. Lingkungan eksternal organisasi, yaitu lingkungan masyarakat, lingkungan kerja sama antarorganisasi, lingkungan lintas pimpinan organisasi.

Lembaga pendidikan perlu mempertimbangkan lingkungan organisasi secara internal maupun eksternal karena menyangkut hubungan sinergis antarpersonal organisasi dan dengan kondisi lingkungan eksternalnya. 
misalnya: keberadaan perguruan tinggi atau sekolah yang berdekatan dengan lingkungan masyarakat di pedesaan, maka sejauh mungkin, keberadaan lembaga pendidikan harus memberikan dampak positif untuk kehidupan masyarakatnya dalam berbagai aspek, yaitu: aspek ekonomi, sosial, politik, pendididkan, dan agama. kemudian, lembaga pendidikan merumuskan strategi pengolahan organisasi dengan pendekatan lingkungan sosial yang ada, misalnya pelaksanaan sekolah alam, dan sebagainya. dengan demikian, antara lembaga dan lingkungan memiliki hubungan yang sangat erat, saling menguntungkan, dan bersifat timbal balik.

0 komentar:

Posting Komentar