Pengertian Pemasaran.
Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan sebuah nilai ekonomi.
Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produk atau jasa, pemasaran dan konsumen. Pemasaran menjadi penghubung antara produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan dengan konsumen yang akan menggunakan produk atau jasa.
Dalam kegiatan pemasaran, aktivitas pertukaran merupakan hal utama.
Pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang berusaha menawarkan sejumlah produk atau jasa dengan sejumlah nilai manfaat keberbagai macam individu maupun kelompok sosial untuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan (wants) dan kebutuhan (needs) manusia setiap hari melalui proses pertukaran.
Secara lebih mudah, pengertian pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan produk atau jasa kepada pembeli serta berusaha memuaskan keinginan dan kebutuhan pembeli yang ada dan membeli potensial.
Konsep-konsep pemasaran
Konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan pembeli atau konsumen. Kegiatan dalam konsep inti pemasaran meliputi kegiatan pada semua bagian yang ada, seperti kegiatan personalia, produksi, keuangan, serta fungi-fungsi lain yang mengarahkan kepada pemenuhan keinginan dan kebutuhan pembeli atau konsumen.
Konsep-konsep dalam pemasaran:
1. Konsep produksi(The production concept)
Dalam konsep produksi ini, perusahaan hanya berorietasi kepada jumlah produksi dan konsumen diharapkan akan menyukai produk yang telah di sediakan oleh perusahaan, dan konsumen diharapkan akan membeli produk tersebut sesuai dengan kemampuan daya belinya.
2. Konsep Produk (The product concept)
Konsep produk adalah sebuah konsep yang menitikberatkan kepada kualitas hasil produk.
Produsen berupaya memperbaiki produk terus-menerus serta meningkatkan jumlah produksinya tanpa memperhatikan permintaan produk di pasar.
3. Konsep Penjualan (The selling concept)
Konsep penjualan merupakan konsep yang memperhatikan jumlah permintaan pasar untuk sebuah produk, dan perusahaan akan memproduksi sebuah produk disesuaikan dengan keinginan pasar.
4. Konsep Pemasaran (The marketing concept)
Konsep pemasaran adalah menerapkan manajemen pemasaran, seta berorientasi jangka panjang dalam memasarkan sebuah produk, melakukan perencanaan pemasaran dengan sebuah produk dengan melakukan penelitian secara cermat dan terukur tentang keinginan dan kebutuhan konsumen, dan kepuasan pelanggan merupakan tujuan utama konsep pemasaran ini.
5. Konsep Pemasaran Kemasyarakatan (The societal marketing concept)
Konsep pemasaran kemasyarakatan menitik beratkan kegiatan perusahaan dalam menentukan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan memberi kepuasan lebih baik dibandingkan dengan pesaing, dan bertujuan untuk memperoleh, mempertahankan, dan meningkatkan kesejahtaraan masyarakat secara keseluruhan serta menjaga kepentingan masyarakat jangka panjang dengan memperhatikan aspek-aspek tanggung jawab sosial kemasyarakatan atau corporate social responsibility.
Sabtu, 19 Maret 2016
ASPEK PEMASARAN DALAM BISNIS
By fandrinal at 21.18
No comments
Related Posts:
Segera Buang Obat Anda Jika Temukan Ciri-ciri Begini pada Obat 3 Niat hati ingin sembuh malah sakit makin parah gara-gara beli obat palsu ataupun obat yang sudah rusak tapi tetap beredar di pasaran. Tak ada solusi lain selain waspada dan tahu caranya mengenali obat palsu dan oba… Read More
Tips Manicure & Pedicure di Rumah 0 Keindahan dan kebersihan kuku wajib dijaga. Apalagi Anda sering bertemu dan berkenalan dengan banyak orang. Jari dan kuku yang terlihat bersinar memberikan kesan pertama yang baik.Bukan hanya tangan saja yang… Read More
Kurangi Garam Sekarang Juga 0 Jumlah konsumsi garam melambung dari angka yang direkomendasikan. Data terbaru menyebutkan, bahwa orang dewasa rata-rata mengonsumsi 1,5 sendok teh garam setiap hari. Artinya, mereka mengonsumsi setengah sendok teh le… Read More
Kenali, Berbagai Faktor Risiko Kanker Paru-paru 1 Merokok menjadi salah satu fakor risiko kanker paru-paru. Selain itu, ada faktor lain yang tidak bisa dikesampingkan."Kebiasaan merokok berhubungan dengan sekitar 70% kematian akibat kanker paru," kata Kepala Badan … Read More
Agar Rambut Lebih Cepat Tumbuh 0 Anda merasa pertumbuhan rambut sangat lambat? Untuk mempercepat pertumbuhan rambut, Anda tidak hanya harus melakukan perawatan dari luar tetapi juga dari dalam.Dr. George Obikoya dalam artikel yang berjudul "Vitami… Read More
0 komentar:
Posting Komentar