HTML

HTML/JavaScript

Sabtu, 19 Maret 2016

ASPEK PEMASARAN DALAM BISNIS

Pengertian Pemasaran.
Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan sebuah nilai ekonomi. 
Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produk atau jasa, pemasaran dan konsumen. Pemasaran menjadi penghubung antara produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan dengan konsumen yang akan menggunakan produk atau jasa.

Dalam kegiatan pemasaran, aktivitas pertukaran merupakan hal utama. 
Pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang berusaha menawarkan sejumlah produk atau jasa dengan sejumlah nilai manfaat keberbagai macam individu maupun kelompok sosial untuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan (wants) dan kebutuhan (needs) manusia setiap hari melalui proses pertukaran.

Secara lebih mudah, pengertian pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan produk atau jasa kepada pembeli serta berusaha memuaskan keinginan dan kebutuhan pembeli yang ada dan membeli potensial.

Konsep-konsep pemasaran
Konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan pembeli atau konsumen. Kegiatan dalam konsep inti pemasaran meliputi kegiatan pada semua bagian yang ada, seperti kegiatan personalia, produksi, keuangan, serta fungi-fungsi lain yang mengarahkan kepada pemenuhan keinginan dan kebutuhan pembeli atau konsumen.

Konsep-konsep dalam pemasaran:
1. Konsep produksi(The production concept)
Dalam konsep produksi ini, perusahaan hanya berorietasi kepada jumlah produksi dan konsumen diharapkan akan menyukai produk yang telah di sediakan oleh perusahaan, dan konsumen diharapkan akan membeli produk tersebut sesuai dengan kemampuan daya belinya.

2. Konsep Produk (The product concept)
Konsep produk adalah sebuah konsep yang menitikberatkan kepada kualitas hasil produk. 
Produsen berupaya memperbaiki produk terus-menerus serta meningkatkan jumlah produksinya tanpa memperhatikan permintaan produk di pasar.

3. Konsep Penjualan (The selling concept)
Konsep penjualan merupakan konsep yang memperhatikan jumlah permintaan pasar untuk sebuah produk, dan perusahaan akan memproduksi sebuah produk disesuaikan dengan keinginan pasar.

4. Konsep Pemasaran (The marketing concept)
Konsep pemasaran adalah menerapkan manajemen pemasaran, seta berorientasi jangka panjang dalam memasarkan sebuah produk, melakukan perencanaan pemasaran dengan sebuah produk dengan melakukan penelitian secara cermat dan terukur tentang keinginan dan kebutuhan konsumen, dan kepuasan pelanggan merupakan tujuan utama konsep pemasaran ini.

5. Konsep Pemasaran Kemasyarakatan (The societal marketing concept)
Konsep pemasaran  kemasyarakatan menitik beratkan kegiatan perusahaan dalam menentukan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan memberi kepuasan lebih baik dibandingkan dengan pesaing, dan bertujuan untuk memperoleh, mempertahankan, dan meningkatkan kesejahtaraan masyarakat secara keseluruhan serta menjaga kepentingan masyarakat jangka panjang dengan memperhatikan aspek-aspek tanggung jawab sosial kemasyarakatan atau corporate social responsibility.

0 komentar:

Posting Komentar