HTML

HTML/JavaScript

Jumat, 27 Mei 2016

7 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

Kunyit / kunir merupakan salah satu tanaman herbal dan termasuk dalam golongan palawija. Di Indonesia, kunyit banyak digunakan sebagai komponen bumbu untuk memasak, menghilangkan bau amis ikan dan dapat dijadikan sebagai jamu atau minuman herbal. Ada dua jenis kunyit yang dibedakan dari warna rimpangnya, yaitu kunyit kuning dan kunyit putih.

Dari informasi yang diambil dari belajar-di-rumah.blogspot.co.id, tanaman kunyit putih mempunyai nama latin Curcuma mangga Val. Tanaman ini merupakan jenis semak yang dapat hidup tahunan. Kunyit putih identik dengan bentuk rimpangnya yang berbentuk bulat, renyah dan mudah untuk dipatahkan. Kulit bagian luar kunyit putih dipenuhi oleh akar serabut yang halus sehingga nampak seperti rambut serta kunyit putih mempunyai rimpang utama yang keras, apabila dibelah akan nampak dagingnya berwarna kekuningan di bagian luar dan berwarna putih kekuningan di bagian tengahnya dengan aroma yang khas.

Gambar Kunyit Putih untuk Kesehatan

Dari situs tersebut juga dijelaskan mengenai kandungan nutrisi di dalamnya, seperti minyak atsiri, tanin, amilum, gula, kurkumin, flavonoid, polifenol, ocimene, pinene dan lain sebagainya. Berkat semua kandungan tersebut, kunyit putih mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh sehingga banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan bisa digunakan sebagai obat pencahar.
Kunyit putih atau kunir putih sudah terbukti dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti penyakit maag, menurunkan kadar gula darah, mencegah kanker payudara, menyembuhkan luka bakar dan dapat menghilangkan nyeri haid. Inilah beberapa cara pembuatan ramuan kunyit putih untuk mengobati penyakit tersebut yang dikutip dari disehat.com. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut :

Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

  1. Mengobati Penyakit Maag
    Maag merupakan penyakit yang terjadi karena kandungan asam lambung yang berlebihan sehingga dapat membuat perut terasa sakit dan nyeri ketika kambuh. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi ramuan kunyit. Caranya cukup mudah, yaitu ambilah beberapa ruas kunyit putih yang sudah dikupas dan dibersihkan, rebuslah dengan air bersih hingga mendidih, tambahkan madu sebagai pemanis, saring dan minumlah ramuan tersebut selagi hangat.
  2. Menurunkan Kadar Gula di Dalam Darah
    Kandungan kadar gula berlebih di dalam darah dapat menyebabkan penyakit diabetes, untuk mengatasinya harus dilakukan dengan mengkonsumsi ramuan kunyit putih secara rutin yang cara pembuatannya sama seperti membuat ramuan untuk penyakit maag.
  3. Mencegah Kanker Payudara
    Di dalam kunyit putih terdapat kandungan zat anti neoplastik yang mempunyai kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Adapun cara pembuatannya, cukup dilakukan dengan merebus kunyit putih dan campurkan dengan keladi putih hingga mendidih kemudian saring dan minum ramuan tersebut secara teratur.
  4. Menyembuhkan Luka Bakar
    Luka bakar dapat disembuhkan secara alami, yaitu bisa menggunakan kunyit putih sebagai obat luar dan obat dalam. Untuk pengobatan luar bisa digunakan dengan menempelkan kunyit putih yang sudah dihaluskan dan pengobatan dari dalam bisa dilakukan dengan minum ramuan kunyit putih.
  5. Menghilangkan Nyeri Haid
    Nyeri haid biasanya dialami oleh wanita yang mengalami haid pada siklus di hari-hari pertama. Nyeri haid ini bisa dihilangkan dengan cara mengkonsumsi ramuan kunyit putih secara teratur. Cara pembuatannya, yaitu parutlah kunyit putih kemudian peras airnya, rebus hingga mendidih, saring dan campurkan dengan madu untuk diminum.
  6. Mengobati Gangguan Pencernaan
    Bagi yang menderita gangguan pencernaan, seperti diare, susah buang air besar, perut kembung dan sakit perut bisa diatasi dengan cara mengambil satu rimpang kunyit putih, kupas dan cuci bersih kemudian kunyahlah.
  7. Menambah Nafsu MakanApabila mempunyai nafsu makan yang berkurang, manfaatkanlah kunyit putih dan temulawak untuk menambah nafsu makan. Caranya cukup menghaluskan kunyit putih dan temulawak, peras airnya untuk direbus hingga mendidih, kemudian saring dan minumlah selagi hangat. Bisa ditambahkan madu atau gula batu bila diperlukan.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara tersebut secara teratur. Namun, apabila ingin mengkonsumsi atau menggunakannya ramuan kunyit putih bersamaan dengan obat-obatan medis konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Ketika mengkonsumsi ramuan kunyit putih secara teratur pastikan untuk menggunakan takaran cara yang baik dan benar.
kunyit putih, manfaat kunyit putih, kunir putih, pohon kunyit putih, google kunyit putih obat untuk penyakit apa ya, manfaat kunir putih, kunyit putih mangga, kunyit putih obat maag, kunyitputihUntukkesehatan.

1 komentar: