HTML

HTML/JavaScript

Jumat, 27 Mei 2016

Manfaat Benalu Kopi Untuk Kesehatan


Manfaat Benalu Kopi – Benalu merupakan jenis tanaman yang merugikan tanaman lain, karena benalu merupakan tanaman yang hidup menempel pada tanaman lainnya. Kondisi ini dapat membuat benalu mengambil nutrisi yang terdapat pada tanaman inangnya. Jika dibiarkan tetap ada dan hidup, benalu dapat tumbuh subur di atas batang tanaman inangnya dan tanaman inang tersebut akan kekurangan nutrisi sehingga akan mati.
Benalu atau yang sering juga disebut sebagai tanaman parasit biasanya tumbuh pada pohon yang menghasilkan buah seperti pohon mangga, pohon jeruk, pohon jambu, pohon rambutan, pohon kopi dan lain sebagainya. Bagi para petani buah-buahan, benalu tersebut dianggap sebagai parasit yang harus segera dimusnahkan. Akan tetapi, berbeda dengan benalu kopi karena benalu di cari oleh masyarakat sebagai pengobatan.

Gambar Benalu Kopi Untuk Kesehatan

Benalu Kopi
Ada beberapa alasan yang dapat membuat benalu kopi banyak dicari oleh masyarakat, salah satunya karena kandungan antioksidan di dalamnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan nyeri sendi akibat penyakit asam urat. Berdasarkan informasi yang diambil dari artikeltentangkesehatanindonesia.blogspot.co.id, inilah cara untuk mendapatkan manfaat benalu kopi untuk menghilangkan nyeri sendi akibat asam urat.

Cara Mengambil Manfaat Benalu Kopi

  1. Ambilah sebanyak 100 gram benalu kopi yang berasal dari pohon yang sudah tua.
  2. Kemudian, cucilah benalu tersebut hingga bersih dengan menggunakan air mengalir.
  3. Sebaiknya, gunakan panci infus yang mempunyai dua susunan. Untuk bagian bawahnya isi dengan 100 ml air dan bagian atasnya isi dengan 300 ml air dan 100 gram benalu kopi agar proses perebusannya lebih terkontrol.
  4. Rebuslah hingga mendidih dan hingga airnya tersisa 100 ml (panci bagian atas).
  5. Matikan kompor dan saringlah air rebusan benalu tersebut.
  6. Agar mempunyai rasa yang lebih enak, tambahkan madu atau gula secukupnya.
  7. Kemudian, aduk hingga rata dan minumlah selagi hangat. 
Tak hanya dapat digunakan untuk mengatasi nyeri sendi akibat penyakit asam urat saja. Menurut khasiat.net benalu kopi juga mempunyai manfaat lainnya, yaitu dapat mengobati penyakit diabetes, mencegah terjadinya penyakit kanker, dapat memperbaiki kontraksi otot reumatik, mencegah flu, mencegah batuk dan lain sebagainya. Inilah cara yang bisa dilakukan untuk membuat obat dari benalu kopi.
  1. Ambil dan siapkan benalu kopi sebanyak 20 gram, kemudian masukan ke dalam mangkuk stainless steel atau mangkuk porselen
  2. Rebuslah 2 gelas air hingga mendidih dan tuangkan ke dalam mangkuk tersebut.
  3. Rendamlah sebentar benalu kopinya, kemudian buang airnya agar jamur di dalamnya ikut terbuang
  4. Setelah itu, tambahkan lagi dengan 2 gelas penuh air mendidih dan diamkan selama 5 menit
  5. Lalu saring dan tuangkan airnya saja ke dalam gelas bersih dan minumlah ramuan tersebut
Agar benalu kopi dapat digunakan kembali, sebaiknya sisakan sedikit air di dalam mangkuk guna untuk menjaga kelembabannya. Jika ingin menggunakannya tambahkan kembali dengan menuangkan air mendidih karena benalu kopi dapat diseduh sebanyak empat kali seduhan.
Agar mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan keinginan, lakukanlah semua cara tersebut dengan benar. Konsumsilah ramuan tersebut dalam dosis yang tidak berlebihan atau sewajarnya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun benalu kopi mempunyai banyak manfaat untuk mengobati penyakit namun benalu jenis ini sulit untuk ditemukan.
Hal ini disebabkan karena para petani buah kopi selalu menjaga kesehatan setiap pohon kopi yang dimilikinya agar menghasilkan kualitas kopi yang unggul. Lantas, bagaimana cara untuk mendapatkan benalu kopi? Karena tidak dijual di pasaran, benalu kopi ini bisa didapatkan dengan cara memesannya terlebih dahulu pada petani buah kopi.
Setelah memesannya, mereka pasti menyimpan benalu kopi yang ditemukan. Biasanya petani buah kopi tersebut akan memberikan dengan cuma-cuma atau gratis. Namun, untuk menghargai jasa mereka sebaiknya belilah benalu kopi tersebut dengan harga yang sesuai. Setelah berhasil mendapatkan benalu kopi disarankan untuk digunakan sebaik-baiknya mengingat benalu jenis ini sulit untuk didapatkan. Agar tidak rusak dan layu, masukan ke dalam kantong plastik kemudian masukkan ke dalam kulkas atau lemari pendingin.

0 komentar:

Posting Komentar