HTML

HTML/JavaScript

Jumat, 27 Mei 2016

6 Manfaat Pohon Pisang


Manfaat Pohon Pisang  – Sebagai masyarakat Indonesia tentu kita sudah tidak asing lagi dengan pohon pisang. Pohon pisang merupakan tanaman yang dapat tubuh subur di negara tropis. Pohon yang dapat berkembang biak dengan tunasnya ini mempunyai dua tipe pohon, yaitu pohon pisang yang dapat berbuah dan pohon pisang yang tidak dapat berbuah.
Biasanya, pohon pisang yang tidak dapat berbuah difungsikan sebagai tanaman hias seperti jenis pohon pisang kipas. Sementara, untuk pohon pisang yang dapat berbuah biasanya banyak ditanam untuk diambil dan dikonsumsi buahnya. Namun, pohon pisang memang terbilang unik karena hanya dapat berbuah sekali seumur hidupnya. Setelah berbuah, pohon pisang akan menjadi mengering dan mati kemudian akan digantikan dengan tunasnya sebagai generasi penerus.

Gambar Pohon Pisang


Kemudian, pohon pisang berbuah terbagi menjadi beberapa bagian lagi sesuai dengan jenis buahnya, diantaranya pohon pisang mas, pohon pisang hijau, pohon pisang klutuk dan lain sebagainya. Tak hanya dapat dikonsumsi buahnya, pohon pisang juga mempunyai manfaat secara keseluruhan mulai dari akar hingga daunnya. Penasaran, dengan manfaat pohon pisang? Perhatikan informasi yang dikutip dari tehsantika.blogspot.com yang mengungkap tentang manfaat pohon pisang.

6 Manfaat Pohon Pisang

  1. Manfaat Akar Pohon Pisang
    Siapa sangka bahwa di dalam akar pohon pisang terdapat sifat anti-inflamasi dan anti-piretik. Kedua sifat tersebut mempunyai manfaat untuk meredakan demam, mengatasi sesak nafas atau asma, mendinginkan darah, peluruh urine dan dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit.
  2. Manfaat Daun Pisang
    Pada umumnya daun pisang banyak digunakan untuk membungkus makanan, seperti nasi bakar, pepes ikan dan lain sebagainya. Selain itu, ternyata daun pisang juga mempunyai manfaat untuk kesehatan. Daun pisang yang masih tergulung dapat digunakan untuk melancarkan peredaran darah, menghentikan menghentikan mimisan, mengatasi keputihan, mengobati batuk, radang tenggorokan dan dapat digunakan untuk menyembuhkan radang otak.
  3. Manfaat Bunga / Jantung Pisang
    Selain dapat dimasak menjadi sajian yang nikmat, jantung pisang atau bunga pisang juga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. Bunga / jantung pisang tersebut dapat digunakan untuk mencegah penyakit stroke dan mencegah pendarahan otak.
  4. Hati Batang Pisang
    Hati batang pisang dapat digunakan untuk menurunkan demam, kemudian cairan pada hati batang pisang atau bonggol ini dapat digunakan untuk mengatasi diare, gigitan ular berbisa, radang ginjal, wasir berdarah dan disentri.
  5. Manfaat Buah Pisang
    Tak hanya mempunyai rasa yang enak untuk dikonsumsi saat matang, buah pisang juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan vitamin A, potassium dan nutrisi lain di dalam buah pisang dapat digunakan untuk mengatasi sariawan, tekanan darah tinggi, anemia, diare, batuk berdarah, wasir dan sembelit.
  6. Manfaat Kulit Buah Pisang
    Kulit buah pisang termasuk jenis sampah yang ramah lingkungan. Selain itu, kulit buah pisang juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti diabetes mellitus, kanker, hipertensi, luka bakar, migrain, kutil dan dapat digunakan untuk membuat rambut menjadi lebih lebat. 
Pohon pisang tak hanya mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia saja, karena pohon pisang juga memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Mulai dari daun pohon pisang, daun pohon pisang ini dapat digunakan untuk membungkus aneka makanan, dapat digunakan sebagai tempat / alas persembahan ritual adat. Kemudian batang atau pelepah pohon pisang biasanya dapat digunakan untuk membuat mainan tradisional untuk anak. Jantung atau bunga dapat diolah menjadi makanan yang nikmat, seperti tumis jantung pisang, sayur lodeh dan lain-lain.
Tak hanya itu saja, hati batang pisang atau bonggol pohon pisang juga dapat diolah menjadi abon yang nikmat.
Dengan adanya informasi ini kita dapat mengetahui ada satu lagi bukti nyata bahwa Tuhan telah menciptakan alam dan isinya dengan manfaat yang menakjubkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga alam untuk masa depan yang lebih baik. Namun, untuk mendapatkan semua manfaat dari pohon pisang tersebut perlu untuk mengetahui cara mengolahnya dengan baik dan benar agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

0 komentar:

Posting Komentar