HTML

HTML/JavaScript

Jumat, 27 Mei 2016

10 Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan Tubuh


Salah satu jenis dedaunan yang dikenal hingga seluruh penjuru dunia adalah daun mint. Daun ini mempunyai karakteristik yang mudah untuk dikenali, yaitu mempunyai bentuk daun yang bergerigi, beraroma khas, jika dimakan mempunyai rasa yang manis dan memberikan sensasi sejuk yang khas. Daun mint dikenal sebagai tanaman yang dapat digunakan sebagai campuran salad, campuran minuman dingin, campuran makanan penutup (dissert), campuran untuk membuat rasa di dalam permen dan dapat digunakan sebagai bahan pelengkap lainnya.
Berdasarkan informasi yang diambil dari bidanku.com, daun mint atau tanaman mint dikenal dengan nama latin, Minta Spacata. Kabarnya, daun ini termasuk salah satu jenis tanaman herbal yang tertua di dunia. Dengan adanya informasi tersebut, sudah bisa dipastikan bahwa daun mint yang biasanya digunakan untuk penguat rasa makanan dan minuman ini ternyata juga mempunyai banyak manfaat.

Gambar Daun Mint Untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu manfaat daun mint yang sudah diketahui oleh banyak orang adalah dapat menghilangkan bau mulut karena memiliki rasa dan aroma yang menyegarkan. Selain itu, juga terdapat manfaat daun mint lainnya yang perlu diketahui oleh masyarakat. Seperti apa yang dikutip dari disehat.com, inilah beberapa manfaat daun mint yang wajib diketahui oleh pembaca. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut ini :

10 Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Mencegah Terjadinya Penyakit Kanker
    Kandungan antioksidan dan vitamin C yang terdapat di dalam daun untuk berperan untuk menangkal efek radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang berbahaya, salah satunya adalah penyakit kanker.
  2. Mengatasi Gangguan Sistem Pernapasan
    Daun mint mempunyai aroma mentol yang dapat dihirup untuk melegakan hidung yang tersumbat dan aroma mentol tersebut juga berguna untuk melonggarkan kontraksi bronkus, sehingga dapat mengatasi penyakit asma.
  3. Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan
    Kandungan effect anastesia di dalam daun mint berfungsi untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti meringankan sakit perut, meringankan kram perut dan dapat digunakan untuk mengobati masuk angin. 
  4. Menambah Nafsu Makan
    Aroma menthol yang dimiliki oleh daun ini dapat digunakan untuk menambah nafsu makan ketika menghirupnya, sehingga secara otomatis dapat digunakan untuk menambah berat badan.
  5. Mengatasi / Mengurangi Rasa Stres
    Aroma menthol di dalamnya juga dapat digunakan sebagai aromatherapy untuk merilekskan tubuh dan pikiran sehingga dapat mengatasi / mengurangi rasa stres dan dapat digunakan untuk mengendalikan stres.
  6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Berkat kandungan vitamin C di dalamnya, daun mint mempunyai kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat, bugar dan tetap fit.
  7. Mengatasi dan Meringankan Rasa Nyeri
    Sifat anti-inflamasi dan kandungan anastesia di dalamnya dapat digunakan untuk mengatasi dan meringankan rasa nyeri.
  8. Mengobati Penyakit Maag
    Pada umumnya obat untuk penyakit maag dibuat dengan aroma menthol yang terdapat dalam daun mint. Dengan adanya aroma menthol tersebut asam lambung dapat dinetralkan dan mengatasi rasa nyerinya.
  9. Menurunkan Berat Badan
    Mengkonsumsi daun mint secara teratur dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi di dalamnya mempunyai kemampuan untuk membakar lemak berlebih yang ada di dalam tubuh.
  10. Menjaga Kesehatan Kulit
    Vitamin C yang terdapat di dalam daun mint dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit, menutrisi kulit, menjaga kelembaban kulit, menghaluskan hingga mengencangkan kulit.
Kecil bentuknya namun besar manfaatnya, itulah istilah yang tepat digunakan untuk daun mint. Yang perlu diperhatikan adalah, meskipun ada segudang manfaat yang bisa didapatkan dari daun mint, akan tetapi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan. Terlebih lagi, bagi mereka yang menderita alergi aroma menthol. Penderita alergi tersebut cenderung akan merasa mual, pusing dan muntah-muntah saat menghirup aroma daun mint secara berlebihan.
Namun, jika tidak mempunyai alergi terhadap aroma menthol konsumsilah daun mint secara teratur dan berkala. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, disarankan untuk mengkonsumsinya secara langsung atau bisa juga dikonsumsi dalam bentuk ekstrak daun mint maupun minyak daun mint dengan dosis yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar