HTML

HTML/JavaScript

Minggu, 22 Mei 2016

Manfaat Jamu sebagai pelangsing alami dan kesehatan tubuh

Manfaat Jamu sebagai pelangsing alami dan kesehatan tubuh

Indonesia merupakan negara penyedia bahan jamu terbesar kedua setelah Brasil. Di negara kita, terdapat sekitar 30 ribu jenis tumbuhan bahan jamu.Nenek moyang kita sesungguhnya sudah sangat lama mengenal jamu, seperti yang terekam dalam ornamen Candi Borobudur dan prambanan.
Sampai sekarang pun, jamu masih populer penggunanya dalam masyarakat Indonesia. Tidak heran, di pasar-pasar traditional masih banyak orang yang menjual jamu.
Hal tersebut karena jamu tradisional indonesia dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan, sebagian orang mempercayai bahwa mengonsumsi jamu dengan teratur dapat mencegah flu burung yang sekarang sedang mewabah dan sebagian besar masyarakat indonesia menggunakan jamu tradisional sebagai jamu kuat pria
Jamu ada yang berbentuk bubuk dan diseduh, ada juga yang berbentuk kapsul. Bentuk ini dianggap praktis, terutama bagi peminat pengobatan herbal yang kurang suka rasa pahit jamu.
Namun, nenek buyut kita dulu biasa minim jamu yang digodok atau diseduh. Hal tersebut dilakukan karena keterbatasan alat dan teknologi. Selain itu, cara ini ditempuh untuk mendapatkan kekuatan khasiat aroma dari bahan-bahan jamu yang diseduh. Aroma tersebut akan langsung terhirup kehidung. Kekuatan untuk aromatik inilah yang kini banyak di manfaatkan dunia modern sebagai sarana relaksasi aromaterapi.
uniknya, jamu-jamu yang berkembang hingga saat ini menjadi obat alami andalan. Awalnya, dikenali nenek moyang kita dari tanda-tanda alam. Misalnya, manfaat jamu beras kencur digunakan untuk pelangsing alami,mengobati penyakit kuning, dipilih tumbuhan berwarna kuning, seperti temulawak dan bambu kuning. Tumbuhan berwarna merah, mereka gunakan untuk mengatasi penyakit dengan darah, seperti daun wungu untuk mengobati wasir. Contoh lainnya adalah tanaman yang tumbuh di bebatuan, seperti tempuyung, dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kencing batu dan sebagai obat diabetes
Setelah diteliti secara ilmiah, deteksi khasiat obat alami berdasarkan intuisi ini ternyata benar. jamu memang mempunyaimanfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh .Artinya, zat-zat yang tersimpan dalam bahan-bahan tersebut memang menyimpan khasiat seperti yang dimaksudkan oleh nenek moyang kita.

0 komentar:

Posting Komentar