HTML

HTML/JavaScript

Minggu, 29 Mei 2016

Empat Manfaat Rajin Mengonsumsi Yoghurt

Empat Manfaat Rajin Mengonsumsi Yoghurt

Meski rasanya agak asam, minuman ini bagus untuk tubuh.
Empat Manfaat Rajin Mengonsumsi Yoghurt
Muncul pertanyaan di benak masyarakat, apakah rajin mengonsumsi yoghurt botol yang dijual di toko swalayan akan menyehatkan tubuh? Dokter Deffy Leksani dari Meetdoctormenjelaskan, sebagai produk yang dibuat dari proses fermentasi susu oleh bakteri, yoghurt amat populer di masyarakat. Manfaat yoghurt sendiri, merupakan salah satu alasan kepopuleran minuman itu. 

Yoghurt digolongkan sebagai minuman probiotik. Probiotik sendiri, diartikan sebagai organisme hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai akan memberikan manfaat kesehatan atau disebut bakteri yang baik untuk pencernaan. Karena, yoghurt berasal dari bakteri dan juga susu, maka manfaatnya diprediksi kian berlipat. 

Berikut beberapa manfaat yoghurt menurut dokter Deffy:

Mencegah osteoporosis 
Salah satu manfaat yang mungkin didapat dari mengonsumsi yoghurt adalah menjauhkan seseorang dari osteoporosis. Sebagaimana kita tahu, yoghurt memiliki kandungan kalsium. Zat tersebut salah satu mikronutrien yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang. Apalagi jika yoghurt yang dikonsumsi sudah diperkaya vitamin D yang juga memiliki peran penting bagi pertumbuhan tulang.

Membantu gangguan pencernaan 

Karena mengandung bakteri baik bagi sistem pencernaan tubuh, maka yoghurt dianggap bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan. Mengonsumsi minuman jenis ini diduga akan membuat perubahan positif pada mikroflora dalam usus. 

Hasilnya, masalah konstipasi, diare, radang usus, dan intoleransi terhadap laktosa bisa diatasi. Sayangnya, deretan manfaat tersebut masih membutuhkan banyak riset untuk membuktikannya.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh 
Yoghurt diklaim mampu membantu kesehatan seseorang dengan cara memperkuat sistem kekebalan tubuh. Melalui perubahan mikroflora dan respons sistem kekebalan tubuh, yoghurt konon bisa mengatasi radang usus. 

Yoghurt juga mungkin bisa membuat tubuh lebih resisten terhadap infeksi, namun lebih mudah sembuh jika terkena infeksi, terutama infeksi virus flu. Tentu saja ini semua masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Menunda lapar 

Keuntungan mengonsumsi yoghurt adalah mampu membuat perut terasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Mengonsumsi yoghurt kemungkinan memiliki manfaat menunda lapar lebih lama dibandingkan cemilan lain.

Yoghurt bisa dikonsumsi siapa saja karena dinilai aman, terutama bagi orang dewasa yang memiliki kondisi kesehatan baik. Meski demikian, konsultasi dengan dokter wajib dilakukan, jika ingin mengonsumsi yoghurt, dalam masa pengobatan atau sedang mengonsumsi suplemen tertentu. 

0 komentar:

Posting Komentar