HTML

HTML/JavaScript

Jumat, 27 Mei 2016

5 Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan


Semua kalangan masyarakat Indonesia, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa hingga lansia rata-rata menggunakan minyak kayu putih untuk mengatasi berbagai keluhan seperti, pusing, sakit perut, masuk angin, pegal-pegal dan ada juga yang menggunakannya saat merasa kedinginan. Namun, sebagai penggunanya kita sudah mengetahui bagaimana cara membuat minyak kayu putih?
Sesuai dengan namanya, minyak kayu putih dibuat dari pohon bernama kayu putih. Pohon ini dikenal dengan nama kayu putih karena mempunyai batang berwarna putih. Kayu putih merupakan jenis tanaman yang banyak ditemukan di negara Indonesia. Hal ini disebabkan karena kayu putih dapat tumbuh subur di tempat yang beriklim tropis.

Gambar Minyak Kayu Putih

Derherba.com mengatakan bahwa pohon kayu putih mempunyai nama ilmiah atau nama latin Melaleuca Leucandendra. Situs tersebut juga mengatakan bahwa pohon minyak kayu putih berasal dari genus yang sama dengan pohon teh sehingga tak heran jika pohon kayu putih mempunyai aroma yang kuat. Aroma yang dihasilkan dari pohon kayu putih banyak digunakan sebagai aromaterapi untuk diolah menjadi berbagai produk kesehatan seperti minyak kayu putih dalam kemasan, salep maupun balsem. 
Minyak esensial pohon kayu putih yang dikenal dengan nama minyak kayu putih ini merupakan hasil penyulingan dari daun dan ranting pohon kayu putih. Salah satu minyak esensial ini banyak digunakan untuk pengobatan berkat kandungan yang terdapat di dalamnya. Dari situs wedaran.com, dikatakan bahwa di dalam minyak kayu putih terdapat kandungan pinen, terpineol, cineol, velaraldyde, sequiterpene, pinocarveol, fenchen, butylaldehde dan masih banyak lagi. Selain itu, minyak kayu putih juga mempunyai sifat anti-bakteri, anti-virus dan anti-septik. Oleh karena itulah para terapis beranggapan bahwa minyak kayu putih merupakan salah satu minyak universal yang dapat digunakan dalam bentuk murni untuk kulit orang dewasa.
Sementara, penggunaan minyak kayu putih murni tidak dianjurkan untuk digunakan pada kulit anak-anak dan balita. Hal ini disebabkan karena baik anak-anak maupun balita mempunyai kulit yang lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa, terlebih lagi tubuh mereka juga belum mempunyai kekebalan tubuh atau sistem imun yang kuat untuk mengatasi efek yang ditimbulkan.
Setelah diberikan informasi seputar minyak kayu putih, pada artikel kali ini juga akan diberikan informasi mengenai manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan tubuh. Seperti apa yang diambil manfaatnyasehat.blogspot.co.id, inilah beberapa manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan tubuh.

5 Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan

  1. Meredakan Pusing / Sakit Kepala
    Jika sakit kepala datang dan rasa sakitnya sangat intens, hal ini akan menghambat aktivitas. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak kayu putih di bagian kepala dengan memijatnya dengan lembut.
  2. Mengatasi Flu dan Hidung Tersumbat
    Karena mempunyai aroma terapi yang khas minyak kayu putih dapat digunakan untuk mengatasi flu dan hidung tersumbat, caranya cukup menghirup aroma minyak kayu putih.
  3. Dapat Mengatasi Mabuk Perjalanan
    Agar perjalanan tidak terganggu, sebaiknya oleskan minyak kayu putih pada bagian perut dan hirup aromanya untuk mengatasi dan mencegah mabuk perjalanan.
  4. Mengobati Batuk
    Minyak kayu putih dapat digunakan untuk mengobati batuk, caranya cukup mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam segelas air hangat kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur. Cara ini juga dapat dilakukan untuk melegakan tenggorokan.
  5. Mengobati Sakit Gigi Akibat Gigi Berlubang
    Minyak kayu putih juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi, caranya cukup meneteskan minyak kayu putih di dalam kapas berukuran kecil, kemudian masukkan kapas tersebut pada gigi yang berlubang.
Menggunakan minyak kayu putih merupakan pilihan tepat untuk mengatasi gangguan kesehatan bagi orang yang tidak bisa mengkonsumsi obat dalam bentuk tablet maupun kapsul. Jika mempunyai alergi terhadap aroma minyak kayu putih sebaiknya jangan menggunakannya. Akan tetapi, jika dalam kondisi tertentu terpaksa untuk menggunakannya, sebaiknya jangan menggunakan minyak kayu putih murni pilihlah minyak kayu putih dengan campuran aroma lain untuk meminimalisir efek alergi yang ditimbulkan.

0 komentar:

Posting Komentar