HTML

HTML/JavaScript

Kamis, 28 April 2016

7 Manfaat Santan untuk Rambut dan kulit Kepala

Manfaat Santan untuk Rambut – Santan merupakan salah satu bahan pelengkap yang biasa digunakan untuk memasak makanan. Hal ini disebabkan karena santan mempunyai rasa dan aroma yang khas, sehingga dapat membuat makanan terasa lebih gurih dan harum. Santan dibuat dari daging kelapa yang sudah diparut, kemudian diperas dan disaring untuk diambil airnya. Namun, jika tidak ingin repot untuk mendapatkan santan sebaiknya pilihlah santan dalam kemasan yang siap dimasak.
Selain dapat digunakan untuk bahan pelengkap masakan, ternyata santan juga mempunyai manfaat lainnya, yaitu bermanfaat untuk rambut. Hal ini, sekilas memang nampak tidak masuk akal karena santan yang biasa hanya digunakan sebagai bahan masakan, ternyata mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Agar hal ini menjadi masuk akal, ketahuilah kandungan nutrisi di dalam santan kelapa.
Di dalam santan kelapa terdapat kandungan minyak esensial, vitamin, mineral dan protein. Semua kandungan tersebut mempunyai kemampuan untuk menjaga kesehatan rambut serta dapat membuat rambut terlihat lebih indah, halus, lembut dan berkilau. Hal ini sudah terbukti karena wanita jaman dahulu termasuk para ratu dan putri raja telah menggunakan santan sebagai conditioner tradisional.
Lantas, bagaimana caranya agar mendapatkan manfaat santan untuk rambut? Caranya tidak sulit untuk dilakukan. Langkah awal yang dilakukan adalah, buatlah santan dengan cara manual yaitu dengan membeli kelapa, kemudian parut dan saringlah untuk diambil airnya. Tidak dianjurkan untuk membeli santan di dalam kemasan karena di dalamnya terdapat kandungan bahan pengawet yang justru dapat merusak rambut.
Setelah itu, gunakanlah santan kelapa tersebut sesuai dengan kebutuhan, jika ingin mengatasi rambut kusam cara yang dapat dilakukan, yaitu mengaplikasikan santan kelapa dengan mengusapkannya secara lembut pada seluruh bagian rambut. Kemudian, diamkan sekitar satu jam dan bilaslah menggunakan air bersih. Ada beberapa manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari santan. Sesuai dengan apa yang dikutip dari situs bernama sehat99.com, inilah beberapa manfaat santan untuk rambut.

7 Manfaat Santan untuk Rambut

  1. Meningkatkan Proses Pertumbuhan Rambut
    Di dalam santan kelapa terdapat kandungan minyak esensial dan vitamin E yang berfungsi untuk meningkatkan proses pertumbuhan rambut, sehingga rambut menjadi cepat panjang dan lebat.
  2. Dapat Melembabkan Kulit Kepala
    Kulit kepala yang terlalu kering dan bersisik dapat menyebabkan ketombe serta dapat membuat rambut menjadi rusak dan rontok. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara menggunakan santan kelapa untuk dioleskan pada seluruh kulit kepala.
  3. Mencegah dan mengatasi Kerusakan Rambut
    Ada banyak hal yang dapat membuat rambut menjadi rusak, seperti polusi, sinar matahari, kebiasaan terlalu sering mengikat rambut dan lain sebagainya. Jika tidak dirawat dengan baik, akibatnya dapat membuat rambut cepat rusak sehingga perlu diberikan nutrisi tambahan untuk rambut seperti santan kelapa. Santan dapat digunakan untuk menyuplai protein pada rambut agar rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.
  4. Mencegah Rambut Menjadi Kusut dan Susah Diatur
    Agar rambut tidak kusut dan mudah untuk diatur, usapkan santan kelapa pada seluruh bagian rambut setelah keramas, diamkan selama beberapa saat (sekitar 1 jam) kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.
  5. Menjadikan Rambut Nampak Lebih Berkilau
    Untuk mendapatkan rambut lembut dan nampak lebih berkilau, manfaatkanlah santan yang dicampurkan dengan madu untuk digunakan pada rambut dengan mengaplikasikannya secara teratur, dua kali dalam seminggu. [1]
  6. Gunakan Sebagai Conditioner Rambut
    Santan kelapa juga dapat digunakan sebagai conditioner rambut. Cara pembuatannya pun mudah untuk dilakukan, yaitu tinggal mencampurkan santan dengan minyak zaitun atau minyak jarak, kemudian aplikasikan pada rambut dan berilah pijatan lembut ketika menggunakannya.
  7. Mencegah Kerontokkan Rambut
    Berkat kandungan vitamin E, protein dan minyak esensial di dalamnya membuat santan kelapa dapat menutrisi rambut hingga ke akarnya, sehingga dapat digunakan untuk mencegah kerontokkan dan kebotakkan rambut.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah santan kelapa secara teratur yaitu maksimal 2 kali dalam seminggu. Setelah menggunakannya, pastikan telah mencuci rambut hingga bersih mengingat bahwa santan mempunyai aroma khas dan rasa gurih yang akan memancing serangga untuk hinggap pada rambut. 
Referensi :
http://www.sehat99.com/5-manfaat-santan-kelapa-untuk-rambut.htm
kandungan polusi yg dapat merusak rambut, Apa santan itu bisa dioleskan kemuka, memupuk kepala dengan air santan, parutan kelapa dioleskan ke rambut, parutan kelapa disaring airnya adakah manfaatnya buat kulit, Penggunan santan untuk menjaga gigi, rambut lebat berkat makan ini, rambut tebal berkat santan kelapa, Santan dimasak sampai kering apa bisa buat rambut?, Santan kelapa buat rambut apa diperas dengan air

0 komentar:

Posting Komentar