HTML

HTML/JavaScript

Kamis, 28 April 2016

7 Manfaat Madu untuk Rambut dan Ketombe


Manfaat Madu untuk Rambut – Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu dijaga dan dirawat kesehatannya, agar terlihat indah, lembut serta berkilau. Terlebih lagi, rambut dianggap sebagai mahkota bagi setiap orang terutama untuk para wanita. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk merawat rambut salah satunya adalah dengan keramas secara teratur, memberikan nutrisi tambahan pada dan menyisir rambut setiap hari.
Perawatan rambut biasanya dilakukan dengan pergi ke salon kecantikan, namun bagi yang mempunyai budget terbatas ada cara lain yang dapat dilakukan untuk merawat rambut. Adapun cara yang dipakai adalah, dengan menggunakan bahan alami yang mudah dan terbilang cukup murah untuk didapatkan. Salah satu jenis bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan rambut adalah madu. Madu merupakan bahan alami yang dihasilkan dari sarang lebah, selain enak dikonsumsi madu juga telah banyak digunakan sebagai komponen produk-produk kecantikan, mulai dari produk kecantikan kulit, produk kecantikan wajah hingga produk kecantikan rambut.
Di dalam madu terdapat kandungan protein, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang dapat digunakan untuk menyehatkan dan menambah keindahan pada rambut. Dengan menggunakan madu sebagai masker rambut dan conditioner, maka rambut akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini, seperti apa yang diambil dari sumber bernama manfaatnyasehat.com.

7 Manfaat Madu untuk Rambut dan Ketombe

  1. Membuat Rambut Menjadi Lebih BersihTerkadang meskipun sudah menggunakan shampoo tetapi rambut masih kurang bersih, untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan membuat air madu untuk rambut. Siapkan 1 gelas air putih dan campurkan 1 sdt madu murni kemudian aduklah hingga merata. Gunakan air madu tersebut untuk dioleskan dari ujung rambut hingga ke akarnya, lalu keringkan rambut dengan handuk.
  2. Dapat Menyuburkan Rambut
    Apabila merasa mempunyai rambut dengan volume tipis dan ingin membuat rambut lebat, gunakanlah madu sebagai masker. Caranya cukup mencampurkan madu dengan minyak zaitun secukupnya, oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata, tutuplah menggunakan air hangat, diamkan selama 30 menit dan bilaslah menggunakan air bersih.
  3. Membuat Rambut Menjadi Lebih Lembab
    Madu juga dapat digunakan untuk membuat rambut tetap lembab agar tidak kering dan kusam. Panaskan 1 sdm jus lemon yang berisi 3 sdm minyak zaitun dan 2 sdm madu, aduklah hingga merata. Setelah dingin, gunakanlah sebagai masker rambut dan kulit kepala dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas menggunakan air bersih.
  4. Dapat Mengatasi Rambut Rontok
    Kerontokkan rambut merupakan ciri dari rambut rusak, kerontokkan yang dibiarkan secara terus-menerus dapat menyebabkan terjadinya kebotakkan. Untuk mengatasinya, sebaiknya siapkan 1 sdt kayu manis bubuk, 1 sdm madu dan 1 sdm minyak zaitun untuk dipanaskan. Oleskan pada kulit kepala sebelum mandi, diamkan sekitar 15 – 20 menit dan bilaslah dengan menggunakan shampoo.
  5. Membuat Rambut Lebih Berkilau
    Setiap orang pasti ingin mempunyai rambut yang berkilau meski berada di bawah terik sinar matahari sekalipun. Untuk mendapatkan rambut berkilau bisa dilakukan dengan mencampurkan 1 sdm madu di dalam sedikit air yang berisi air perasan lemon, setelah keramas gunakanlah sebagai conditioner dan keringkan dengan handuk. [1]
  6. Menghilangkan Ketombe
    Madu mempunyai sifat yang melembabkan dan mempunyai kandungan nutrisi yang dapat menghilangkan kotoran dan ketombe pada rambut. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan membela jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian tempelkan dengan madu. Setelah itu, gunakan jeruk nipis yang berlumuran madu tersebut untuk digosokkan pada kulit kepala secara merata.
  7. Mencegah Rambut Bercabang
    Rambut bercabang merupakan masalah yang dihindari oleh orang yang mempunyai rambut panjang. Apabila rambut bercabang, mau tidak mau harus dipotong agar rambut dapat tumbuh dengan sehat. Masker madu juga dapat digunakan untuk mencegah rambut bercabang. Proses pembuatannya, campurkan 3 sdm madu ke dalam putih telur kemudian aduklah hingga rata untuk dioleskan pada seluruh bagian rambut. Setelah itu diamkan selama 30 menit dan bersihkan rambut dengan menggunakan shampoo.
Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara tersebut secara teratur karena cara alami memberikan hasil dalam waktu yang cukup lama dibandingkan dengan menggunakan cara instant. Ketika melakukannya, pastikan bahwa sudah memilih dan menggunakan madu asli atau madu murni. Banyak kan manfaat madu untuk kesehatan, selain madu ada juga keji beling, apakah keji beling ada manfaatnya untuk kesehatan. 
Referensi :
apa yang akan terjadi jika madu dioleskan ke rambut, masker madu dan jeruk nipis untuk rambut berketombe, manfaat susu madu untuk masker rambut dan masker ini digunakan sebelum keramas atau sesudah keramas?, manfaat madu untuk ketombe, manfaat madu buat rambut sebelum keramas, manfaat madu buat keramas, madu untuk rambut ber, madu sebagai conditioner alami, Madu sebagai condisioner, madu dan zaitun buat ketombe.

0 komentar:

Posting Komentar